expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

beres

Minggu, 14 Oktober 2012

Four Fantastic - My Book Collection

        Selama beberapa bulan ke belakang dan beberapa bulan ke depan, saya memang mengerjakan banyak sekali aktivitas yang cukup menyita waktu, mulai dari aktivitas mengajar, memberi konsultasi, meneliti di laboratorium hingga segudang aktivitas lainnya. Perlahan saya mulai menyadari bahwa rutinitas membuat hidup terasa begitu monoton dan statis. Rutinitas adalah racun yang perlahan-lahan membunuh kreatifitas kita dalam berkarya dan berinovasi.
       Di sela-sela pendakian target jangka panjang yang mulai tercapai, saya memiliki komitmen untuk menghasilkan beberapa 'prasasti intelektual' sebagai target jangka pendek yang harus saya kejar untuk membuat tangan dan otak ini kembali bekerja keras. Sejak dulu, saya  kerap mengidentifikasi diri sebagai seorang pekerja keras- H.A.R.D.W.O.R.K.E.R -
yang selalu rindu untuk berhadapan dengan tantangan dan pencapaian. Dengan tantangan, saya merasa bahwa motivasi saya masih berkembang, dengan pencapaian saya merasa bahwa nilai diri saya bertambah dan terus bertambah. Meski pun hingga saat ini saya belum mendapatkan kepastian penerbit mana yang sudi mengorbitkan prasasti kuno ini, tapi yang paling penting saya merasa puas dengan koleksi seni dan prestasi pribadi yang saya ciptakan ini. Do'a terakhir saya, mudah-mudahan empat 'prasasti intelektual' ini dapat rampung hingga pertengahan tahun 2013 tepat sebelum pencapaian satu target jangka pendek lainnya. :)  
 Download Modul Singkat Fisika SMA
Judul Buku                :  The Master of Physics
Jenis                          :  Non-fiksi
Genre                        :  Pendidikan
Progres penulisan       : 70%
Deskripsi                   :
Selama empat tahun lamanya mengajar siswa SMA, sering saya mendapatkan keluhan dari mereka bahwa pelajaran Fisika merupakan pelajaran paling sulit dan membosankan yang pernah mereka temui, sehingga tidak jarang ada yang berpendapat bahwa hanya orang-orang tertentu saja- yang dianugerahi otak encer- yang akan mendapatkan skor tinggi dalam nilai ujian Fisika. Saya hanya tersenyum sambil berkata: no! :)  Semua orang bisa belajar Fisika, asalkan dia rajin dan mau. Saya mencoba untuk menuliskan sebuah panduan bagi mereka yang mendapatkan kesulitan dalam memahami penurunan rumus Fisika disertai dengan lembar motivasi dan penelusuran peta bakat dan minat. Semoga Bermanfaat.


Judul Buku                :  Pendaki Menara Malam
Jenis                          :  Fiksi
Genre                        :  Novel Inspiratif
Progres penulisan       : 60%
Deskripsi                   :
Novel yang bercerita tentang perjalanan hidup seorang pemuda yang mengambil dakwah sebagai pilihan hidupnya. Dinamika serta petualangan hidup yang menggetarkan menjadi sekolah kehidupan yang semakin mengokohkan kepribadiannya. Puzzle demi puzzle dalam novel  ini terinspirasi dari kehidupan selama menjalani aktivitas di kampus  Unpad dan berinteraksi secara rutin dengan para aktivis dakwah lainnya. Di sini saya ingin menuturkan kisah-kisah heroik dan pengorbanan mereka yang sangat menginspirasi saya. Jujur, saya cukup prihatin ketika sosok mereka yang begitu istimewa kerap dinilai kerdil hanya karena dinilai sebatas materi dan prestasi akademik kampus. Mereka sungguh memiliki kedewasaan berperilaku dan ketinggian berfikir. Mereka adalah inspirasi.

   


Judul Buku                :  Manajemen Dakwah Kampus
Jenis                          :  Non-fiksi
Genre                        : Manajemen Organisasi
Progres penulisan       : 20%
Deskripsi                   :
Berisikan pengalaman dan pandangan penulis tentang pengelolaan dakwah kampus, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian yang harus dilakukan oleh Tim Dakwah Kampus untuk memimpin perubahan kampus. Manajemen Syiar untuk menciptakan  brand imaging, manajemen kaderisasi & pembinaan untuk melahirkan kader-kader lembaga dakwah yang memiliki ketinggian tsaqofah dan kejernihan nafsiyah,  serta determinasi-militansi yang tinggi  dibahas tuntas dalam bahasa yang ringan dan mudah dicerna oleh pembaca.  


 
Judul Buku                :  Strong Leadership
Jenis                          :  Non-fiksi
Genre                        :  Pengembangan Diri
Progres penulisan       : 15%
Deskripsi                   :
Dalam buku ini saya tidak bermaksud untuk menggurui, namun disini saya ingin sekali berbagi kepada pembaca tentang kekuatan valensi seorang aktivis dakwah jika ia menyadari bahwa ia adalah seorang teladan umat yang  menjadi cermin dalam berperilaku, bertutur dan berpikir. Seorang aktivis dakwah hendaknya memiliki jiwa dan mental seorang pemimpin yang memiliki kharisma dan wibawa karena ide Islam yang ia emban menjadi pilot dan landasan kepribadiannya. 

2 komentar:

  1. saya tunggu bukunya fenfen...
    alhamdulillah akhirnya kamu menulis novel juga. saya tidak sabar membaca bahasa puitis kamu yang indah....
    saya tunggu fenfen...
    keep on fight, struggle, and success bro!

    BalasHapus